Arsip UNAIR Gelar Konferensi Nasional “Pengelola Arsip Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia”

Selama ini pekerjaan sebagai pengelola arsip belum mendapat tempat di masyarakat dan organisasi. Pekerjaan mengelola arsip masih dirasa sebagai pekerjaan minor, padahal pengelolaan arsip yang baik dan benar merupakan hal yang harus dilakukan oleh organisasi termasuk perguruan tinggi supaya arsip mudah untuk ditemukan kembali dan dengan pengelolaan arsip yang baik akan dapat menciptakan akuntabilitas dan transparansi perguruan tinggi.Selama ini pekerjaan sebagai pengelola arsip belum mendapat tempat di masyarakat dan organisasi. Pekerjaan mengelola arsip masih dirasa sebagai pekerjaan minor, padahal pengelolaan arsip yang baik dan benar merupakan hal yang harus dilakukan oleh organisasi termasuk perguruan tinggi supaya arsip mudah untuk ditemukan kembali dan dengan pengelolaan arsip yang baik akan dapat menciptakan akuntabilitas dan transparansi perguruan tinggi.

Untuk lebih mengukuhkan pekerjaan pengelola arsip maka perlu adanya suatu kebersamaan dan suatu pertemuan bersama yang selama ini jarang dilakukan. Maka dari itu, Arsip Universitas Airlangga menyelenggarakan kegiatan pertemuan pengelola arsip perguruan tinggi seluruh Indonesia dalam bentuk “KONFERENSI NASIONAL PENGELOLA ARSIP PERGURUAN TINGGI SELURUH INDONESIA”. Kegiatan ini juga bekerjasama dengan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Badan Perpustakaan dan Kearsipan Propinsi Jawa Timur serta Forum Pengelola Arsip Perguruan Tinggi Kemendiknas.

Kegiatan ini dibuka oleh Prof. Dr. H. Achmad Syahrani, Apt., MS selaku Wakil Rektor I, selanjutnya Drs. Mustari Irawan, MPA selaku Kepala ANRI selaku Keynote Speaker memberikan penjelasan tentang peran pengelola arsip saat ini. Dalam acara tersebut ada beberapa narasumber yang memberikan materi diantaranya, Drs. M. Taufik, M.Si selaku Direktur Kearsipan Pusat ANRI, Drs. Suko Widodo, MA selaku dosen FISIP UNAIR, dan Dra. Hj. Umi Dayati, MPB selaku Dosen Universitas Negeri Malang.

Selain itu, Universitas Airlangga dan ANRI juga melakukan penandatanganan MoU dalam bidang pengembangan pendidikan maupun dalam bidang kearsipan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X